SBY: Kasus Ahok Bukan Isu Kebinekaan, SARA dan Bukan Isu NKRI

maiwanews – Kasus penodaan agama yang menjerat Gubernur DKI Jakarta nonkatif Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok murni kasus hukum, sama sekali tidak terkait dengan kebinnekaan, SARA maupun NKRI.

Demikian diungkapkan Presiden keenam RI sekaligus Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta.

“Kasus hukum Basuki Tjahaja Purnama bukan isu kebinekaan dan SARA dan juga bukan isu NKRI,” kata SBY, Selasa (7/2/2017).

Menurut SBY, kasus yang cukup mengguncang publik dan membuat situasi sosial dan politik tanah air memanas itu, terindikasi dipolitisasi dan digeser oleh pihak tertentu agar masuk ke isu kebinekaan dan SARA.

Akibat upaya menggeser ke isu kebinnekaan dan SARA kata SBY, masyarakat di akar rumput jadi saling bersitegang dan membuat situasi sosial dan politik menjadi tidak kondusif.

SBY berpesan, ketegangan sosial dan politik harus segera diakhiri dan jangan dibesar-besarkan. SBY mengajak semua pihak memetik hikmah yang berharga dari peristiwa telah menguras energi bangsa tersebut.