Sekjen PDIP: Jika Malaysia Emosi, Indonesia Bisa Lebih

Logo PDIPmaiwanews – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) berharap, rencana pemerintah Malaysia mengeluarkan travel advisory (saran perjalanan) ke Indonesia, bukan didasari oleh pertimbangan emosi.

Tjahyo mempertanyakan sikap yang diambil pemerintah Malaysia itu, apakah itu menunjukkan sebuah sikap emosi Malaysia. Tjahyo berharap sikat itu tidak diladasi emosi.

“Sebaiknya jangan (emosi). Indonesia bisa lebih emosi.” kata Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis 26 agustus 2010.

Namun Tjahjo menilai, langkah Malaysia itu termasuk dalam kategori teror mental bagi Indonesia. Karena itu, Tjahjo berharap rakyat Indonesia jangan kalah mental dengan Malaysia.

Tjahjo mengatakan, Malaysia semestinya berkaca lebih dulu apakah selama ini memang merupakan negara yang bersih. Bersih dalam artian, kata Tjahyo, tidak ‘mengacak-acak’ kedaulatan Indonesia

Tjahjo mengingatkan, Malaysia punya lahan kelapa sawit di Sumatera dan Kalimantan yang cukup luas. “Malaysia punya lahan kelapa sawit yang besar di sini. Dia punya aset di sini,” kata Tjahjo.

Sementara soal jutaan tenaga kerja kita yang ada di Malaysia, Tjahyo menganggap tidak masalah jika ingin ditarik.