Seluruh Penerbangan Garuda Asal dan Tujuan Yogyakarta Dialihkan ke Solo

maiwanews – Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia mengalihkan seluruh penerbangan asal dan tujuan Yogyakarta ke Solo. Pengalihan tersebut dilakukan sementara waktu menyusul runway Bandara Adisucipto, Yogyakarta. Otoritas bandara setempat menutup jalur setelah pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 258 mengalami slip Rabu 1 Februari malam.

Atas kejadian tersebut VP Corporate Communications Garuda Indonesia Benny S. Butarbutar di Yogyakarta Kamis 2 Februari menyampaikan permintaan maaf. Ia mengatakan selanjutnya 29 penerbangan (pp) Garuda Indonesia tujuan maupun asal Yogyakarta dialihkan ke Bandara Adi Sumarmo Solo.

Daftar penerbangan yang dialihkan adalah; Jakarta-Yogyakarta pp (9 kali penerbangan), Denpasar-Yogyakarta pp (tiga penerbangan), Makassar-Yogyakarta (dua penerbangan pp dan satu penerbangan dijadwaklan ulang/reschedule).

Selain pengalihan, Garuda Indonesia juga melakukan pembatalan karena alasan teknis operasional, masing-masing adalah satu kali penerbangan Balikpapan-Yogyakarta pp dan satu kali penerbangan Surabaya-Yogyakarta pp.

bagi penumpang, pihak Garuda Indonesia menyiapkan bus di Bandara Adi Sumarmo Solo untuk mengangkut penumpang menuju Yogyakarta.

Terkait evakuasi pesawat, Benny menjelaskan bahwa pihaknya bekerja sama dengan petugas gabungan Bandara Adi Sucipto mulai dari otoritas bandara hingga pihak TNI AU guna mempercepat proses evakuasi pesawat tersebut. Upaya evakuasi terhadap pesawat jenis Boeing 737 – 800 NG dilakukan secara maksimal. Pesawat tersebut memiliki bobot sekitar 40 ton, upaya evakuasi dilakukan dengan berbaga cara.

Salah satu langkah evakuasi adalah dengan menggunakan air baloon atau balon udara, alat ini didatangkan khusus dari Jakarta. Balon udara digunakan untuk mengangkat setiap sisi badan pesawat agar mempermudah mengangkat roda pesawat. Upaya lainnya adalah melapisi tanah basah/lembek dengan pasir batu dan plat baja supaya membentuk jalan untuk pesawat agar bisa ditarik ke areal parkir. (*)