Senator Ted Cruz Maju Sebagai Calon Presiden Amerika

ted cruzmaiwanews – Senator Amerika Serikat (AS) asal Texas Ted Cruz dari Partai Republik hari Senin 23 Maret mengumumkan dirinya akan maju sebagai capres (calon presiden) pada pemilu (pemilihan umum) 2016 mendatang. Senator Cruz telah mengisyaratkan ia akan secara resmi maju sebagai nominator capres Partai Republik.

Senin dinihari Senator Cruz menyampaikan keputusannya melalui pesan video dan akun Twitter. Pada sebuah iklan kampanye ia mengutarakan keyakinannya pada Amerika dan rakyatnya.

Senator berusia 44 tahun tersebut merupakan kandidat kuat dari Republik. Ia juga menjadi kandidat pertama yang menyatakan siap maju sebagai capres. Beberapa kandidat Repiblik lainnya diharapkan mengikuti jejaknya mencalonkan diri dalam beberapa pekan kedepan.

Senator Cruz bergabung dengan senat pada 2013. Ia berjanji akan mencabut undang-undang asuransi kesehatan yang diajukan Presiden Barack Obama, menghapus Dinas Pajak yang mengumpulkan pajak pendapatan orang Amerika dan meniadakan Departemen Pendidikan.

Selain senator bernama lengkap
Rafael Edward Cruz, beberapa politisi Partai Republik lainnya diperkirakan akan mengumumkan pencalonannya. Mantan Gubernur Florida Jeb Bush, Gubernur Wisconsin Scott Walker, mantan Gubernur Texas Rick Perry, dan Senator Rand Paul dari Kentucky, serta Marco Rubio dari Florida.

Senator Cruz adalah anak dari seorang ibu berdarah Amerika dan ayah kelahiran Kuba. Jika terpilih, Cruz akan menjadi presiden Hispanik pertama. Meski lahir di Kanada, dua pengacara yang mewakili presiden dari kedua belah pihak di Mahkamah Agung baru-baru ini menulis dalam Harvard Law Review bahwa Cruz memenuhi standar konstitusional untuk mencalonkan diri. (m013/VoA | Foto Ted Cruz oleh Senat AS)