Slavia Brotherhood 2019: Instruktur Rusia Siap Latih Pasukan Terjun Payung Serbia

Paratroopers dari Pskov. (Foto: Ministry of Defence of the Russian Federation)

maiwanews – Instruktur Lintas Udara Rusia akan melatih pasukan terjun payung Serbia sebagai bagian dari latihan internasional persaudaraan Slavia “Slavic Brotherhood 2019”. Dalam latihan, unit dari Serbia akan terjun dari pesawat angkut militer milik Angkatan Udara (AU) Rusia. Mereka menggunakan sistem parasut D-10.

Latihan penggunaan sistem parasut berlangsung 16 sampai 21 Juni. Tanggal 14 sampai 27 Juni dilakukan latihan taktis gabungan 3 negara, Rusia-Serbia-Belarusia. Latihan ini dilakukan dalam kerangka kerja sama militer internasional, dihadiri oleh lebih dari 600 tentara dari tiga negara.

Tahap pertama latihan berlangsung pada 15-21 Juni, pada tahap ini pasukan akan mempraktikkan taktik gabungan dari unit koalisi internasional dan akan melakukan latihan menembak dan lintas udara.

Pasukan gabungan Rusia-Serbia-Belarusia melakukan latihan bersama di Oreshaz dan Peskovi. Komandan batalion Serbia telah berkenalan dengan pasukan terjun payung Rusia dan Belarusia untuk kemudian memberi mereka akses ke situs uji Oreshaz dan Peskovi tempat manuver akan dilakukan.

Di tempat pelatihan Peskovi, batalion internasional gabungan di bawah komando Letnan Kolonel Angkatan Darat Serbia Dragan Kuzheta mempraktikkan operasi taktis sambil memblokir dan menghancurkan basis kelompok bersenjata ilegal.

Para penerjun payung dari divisi serangan udara Pskov berangkat ke Republik Serbia pada Jum’at 14 Juni lalu. Pasukan terjun payung akan mempraktikkan tindakan khusus sebagai bagian dari gugus tugas koalisi dalam operasi kontra-terorisme. Lebih dari 50 buah peralatan militer serta pesawat terbang dari pesawat angkut militer Il-76md dilibatkan dalam latihan bersama 3 negara. (Kemhan Rusia)