Sumarsono: Ahok Akan Aktif Lagi Sebagai Gubernur DKI 12 Februari 2017

maiwanews – Bersamaan dengan berakhirnya masa kapanye calon gubernur DKI Jakarta 2017 pada tanggal 11 Februari mendatang, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok akan aktif lagi sebagai Gubernur DKI pada tanggal 12 Februari.

Hal itu diungkapkan pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Sumarsono di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa, 7 Februari 2017.

“Tanggal 11 Februari 2017, sore, serah terima sama saya. Tanggal 12 (Ahok) kembali menjadi gubernur (DKI),” kata Sumarsono.

Sumarsono mengaku, hingga saat ini pihaknya belum mendapat kabar lebih jauh soal posisi Ahok selanjutnya di DKI terkait kasus penodaan agama yang saat ini sedang bergulir di Pengadilan Negeri Jakarta Utara.

Seperti diketahui, Ahok dinonaktifkan sebagai Gubernur DKI karena ikut kampanye sebagai calon gubernur petahana seperti diatur dalam UU.

Di saat menjalani masa nonaktif, Ahok berstatus sebagai terdakwa penodaan agama. Sebagaimana juga diatur UU, Ahok harus dinonaktifkan dari jabatannya sebagai gubernur. Namun penonaktifan kedua itu tidak segera dilakukan Kemendagri.

Mendagri Tjahjo Kumolo beralasan, Ahok sudah berstatus nonaktif sehingga tidak bisa dinonkatifkan lagi. Menurut Tjahjo, pihaknya tidak punya cara secara hukum bagaimana menonaktifkan pejabat yang sudah berstatus nonaktif.