Syahrul dan Indra Lolos Jadi Caketum Golkar Meski tak Setor Rp 1 M

maiwanews – Syahrul Yasin Limpo dan Indra Bambang Utoyo dinyatakan lolos menjadi calon ketua umum (caktum) Partai Golkar meski keduanya tidak menyetor Rp 1 miliar sebagaimana 6 calon lainnya.

“Calon yang sah adalah 6 orang yang sudah diputuskan kemarin dan ditambah dua orang, yakni Syahrul Yasin Limpo dan Indra Bambang Utoyo,” kata Nurdin Halid di Kantor DPP Golkar, Jl Anggrek Neli Murni, Slipi, Jakarta Barat, Sabtu (7/5/2016).

Nurdin Halid yang juga merupakan Ketua Pengarah (Steering Committee/SC) Golkar mengatakan, meski Syahrul Yasin Limpo dan Indra Bambang Utoyo belum memenuhi persyaratan sumbangan, keduanya tetap diloloskan karena sumbangan tersebut sifatnya tidak mengikat.

Nurdin Halid menjelaskan, sejak awal pihaknya tidak mewajibkan sumbangan atau iuran sebesar Rp 1 miliar tersebut. Nurdin Halid juga menolak jika uang itu disebut sebagai biaya pendaftaran yang bersifat wajib.

Ditambahkan Nurdin, dalam AD/ART Partai Golkar memang disebutkan bahwa ada iuran dan sumbangan namun tidak mengikat.

Sebelumnya, enam nama sudah terlebih dahulu dinyatakan lolos sebagai caketum Golkar yang akan berlaga di Munaslub di Bali. Mereka adalah Ade Komaruddin, Azis Syamsuddin, Setya Novanto, Airlangga Hartarto, Mahyudin, dan Priyo Budi Santoso.

Keenam orang tersebut dinyatakan lolos sebagai caketum setelah menyetor sumbangan sebesar Rp 1 miliar.