Tahun Ini, Calon Haji Bali Meningkat Hampir 300%

mekkahmaiwanews – Provinsi Bali tahun ini akan memberangkatkan 673 calon jemaah haji (CJH) ke Tanah Suci Mekkah. Jumlah tersebut meningkat hampir 300% dari jumlah yang diberangkatkan tahun lalu yang hanya 230 jamaah.

Mustain mengatakan, jumlah tersebut mengalami peningkatan signfikan jika dibandingkan tahun lalu. “Tahun lalu kami hanya memberangkatkan 230 orang CJH saja,” kata Mustain.

Hal tersebut diungkapkan Kabid Bimas Islam dan Penyelenggara Haji Kanwil Kementerian Agama Bali, H. Mustain disela-sela kunjungan Komite III DPD RI ke Kanwil Kementerian Agama, Kamis, 7 Oktober 2010.

Menurutnya, peningkatan itu akan berpengaruh signifikan terhadap daftar tunggu CJH yang selama bertahun-tahun membludak. Pada 2009, kuota yang diberikan hanya 230 orang, sementara yang mendaftar mencapai 1.847 orang.

“Kalau sebelumnya daftar tunggu bisa sampai 8-9 tahun, tapi dengan penambahan kuota tahun ini sudah tinggal setengahnya saja. Jadi daftar tunggunya hanya sekitar 2-3 tahun saja,” lanjutnya.

Peningkatan jumlah calon haji tersebut juga sejalan dengan peningkatan jumlah kuaota Provinsi Bali tahun ini yakni 680 CJH yang diberikan Kementerian Agama.