Taufik Kurniawan: Debat Pilkada DKI Terakhir Momentum Tontonan Mencerdaskan

maiwanews – Jelang debat terbuka Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakrta malam ini, anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Taufik Kurniawan menilai ini sebagai momentum untuk menghadirkan tontonan cerdas bagi masyarakat. Kepada Parlementaria Jum’at 10 Februari di Senayan, Taufik mengatakan debat tersebut tidak hanya disaksikan warga DKI, tapi juga rakyat Indonesia di provinsi lainnya.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) itu menjelaskan bahwa debat ketiga sekaligus terakhir diharapkan memperlihatkan nilai-nilai demokrasi. Perbedaan ide, gagasan, maupun cara pandang tidak perlu berakhir dengan kekerasan, melainkan melalui forum debat terbuka.

Pasangan calon (Paslon) Melalui gubernur dan wakil gubernur dapat memanfaatkan momentum debat untuk menjelaskan sekaligus mengklarifikasi berbagai persepsi. Karena mungkin saja ada hal kurang atau belum dipahami publik, dengan demikian dapat menjernihkan kesimpangsiuran terkait figur dan pemikiran masing-masing Paslon.

Lebih jauh dijelaskan bahwa ide, visi misi, dan program kerja Paslon akan menjadi catatan bagi masyarakat dalam mentukan pilihan. Taufik sendiri menilai seluruh Paslon telah menyusun rencana baik terhadap DKI jika terpilih nantinya.

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut juga mengapresiasi semua pihak antara lain Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) DKI Jakarta selaku panitia penyelenggara, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), msing-masing Paslon beserta tim sukses dan pendukung serta simpatisannya, dan pihak-pihak lainnya. (DPR/sf)