Tim BNN Pusat Jemput Tersangka Jaringan Narkoba Internasional

Barang Bukti Narkoba Jenis Sabu dan Pil Ekstasi (Foto: Polri)

maiwanews – Tiga orang tersangka jaringan narkoba internasional dijemput tim khusus dari BNN (Badan Narkotika Nasional) di Sumatera Utara Kamis 21 September. Ketiganya dibawa dal Kota Langsa ke Bandara Kualanamu Deli Serdang untuk kemudian dibawa ke Jakarta.

Bersama ketiga tersangka, juga dibawa barang bukti berupa narkoba jenis sabu seberat 137,750 kg (sebelumnya diberitakan beratnya 133 kg) dan pil ekstasi sebanyak 42.500 butir.

Pil ekstasi tersebut terdiri dari pil ekstasi warna biru merk YL 41.188 butir, dan ekstasi berwarna ping merek hello kity 1.312 butir.

Penangkapan tersangka pembawa narkotika dari Malaysia berawal dari informasi akan ada transaksi narkoba di perairan Aceh Timur, pukul 14.20, Senin 18 Juli lalu.

Berdasarkan informasi tersebut, pihak BNN Pusat, BNNK Langsa, dan tim Bea Cukai Lhokseumawe, melakukan penyelidikan. Kemudian tim melakukan patroli laut dan menghentikan sebuah kapal mencurigakan. Pihak polisi lalu mengamankan tiga terduga pelaku pembawa barang haram tersebut, ketiganya berinisial BN alias AW, SL, dan HS.

Kepala Badan Narkotika Nasional Kota Langsa, Ajun Komisaris Besar Polisi Navry Yulenny, dalam pernyataannya mengatakan tiga tersangka dan barang bukti sabu-sabu serta pil ekstasi ini dijemput tim khusus dari BNN Pusat. Rencana konferensi pers di BNNK Langs juga dibatalkan. Menurut Navry, Kepala BNN Pusat, Komjen Pol. Budi Waseso, memerintahkan semua tersangka dan barang bukti dibawa ke Jakarta.

Terkait rencana konferensi pers penangkapan dan temuan sabu-sabu serta pil ekstasi jaringan international Aceh-Malaysia ini, memang dibatalkan di Kota Langsa, namun jika tidak ada perubahan direncanakan digelar Selasa 26 November di Kantor BNN Pusat. (Polri/kr/ex)