maiwanews logo maiwanews
Rabu, 20 April 2011
admin


TNI-AD Ujicoba Meriam Howitser Buatan Korsel

meriam-howistermaiwanews – Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI-AD) melakukan ujicoba Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) yang baru didatangkan dari Korea Selatan (Korsel) berupa meriam Howitser kaliber 105.

Ujicoba meriam yang ditinjau langsung oleh Asisten Operasional (ASSOPS) KSAD Mayjend Hariyadi Soetanto tersebut, dilakukan di areal Air Shooting Range Desa Pandanwangi, Kecamatan Tempeh, Lumajang, Selasa 19 April 2011.

Mayjend Hariyadi Soetanto mengatakan, Alutsista yang kini dimiliki TNI AD untuk mempertahankan
kedaulatan Negara RI, belum sepenuhnya menggunakan teknologi canggih yang layak. Beberapa masih menggunakan teknologi Tahun 1958-1960an.

“Kita masih mempergunakan persenjataan jenis ANX atau ANEX untuk Yon Kavaleri yang merupakan Alutsista buatan Tahun 1958-1960 yang sudah ketinggalan jaman,” kata Hariyadi di tempat ujicoba.

Selain persenjataan lama, kekurangan yang lainnya kata Hariyadi adalah berkaitan dengan penambahan Skuadron Penerbangan (Penerbang TNI Angkatan Darat) dan melengkapi Alutsista di Yon Kavaleri.

Menurutnya, yang perlu ditambah atau dilengkapi di TNI-AD adalah skuadron Penerbangan dan melengkapi Yon Kavaleri yang mempergunakan Alutsista-Alutsista baru. TNI AD sejauh ini katanya, baru memiliki 3 Skuadron saja, padahal idealnya adalah 12 Skuadron.

Alasannya, lanjut Hariyadi, tiap wilayah negara kita adalah kepulauan. Dengan demikian, jelasnya, TNI-AD masih perlu penambahan Skuadron Penerbad.

Meski begitu, Hariyadi mengakui, TNI AD punya senjata serbu yang sangat bagus seperti SS 2 Varian 1 sampai dengan SS 2 Varian 5 yang nantinya yang akan diselesaikan oleh PT Pindad. Apalagi varian-varian ini katanya, ada yang menggunakan optical fight.

“Tapi secara umum bagus,” kata jenderal berbintang dua ini menjelaskan.



ARTIKEL LAINNYA

Satu Tahun Memerintah, Jokowi-Ahok Sukses Bangun Harapan
TNI-AD: "Koboy Palmerah" Salah, Pemotor Arogan
TNI-AD: Yang Terjadi Adalah Penyerangan, Bukan Baku Tembak
Uji Materiil Bisa Batalkan Kenaikan Harga BBM
Akibat Cuaca Buruk, Seri A Alami Perubahan Jadwal
PTUN Gelar Sidang Pemeriksaan Persiapan Gugatan WALHI
XL Kembali Beri Bantuan Komputer untuk Sekolah
Isu Global Pengaruhi Keamanan Kawasan