maiwanews logo maiwanews


AZet Makassar Tour and Travel
Rabu, 7 April 2010
admin


TNI AU Akan Beli Pesawat Tempur Pengganti Hawk MK-53

Hawk MK-53Jakarta – TNI AU akan mengganti pesawat Hawk MK-53 sebagai pesawat latih bagi penerbang tempur baru. Terdapat empat jenis pesawat tempur yang akan dipilih dalam seleksi akhir sebelum penentuan final.

“Untuk (pengganti) MK-53 sekarang dalam proses pengadaan. Kita dalam tahap lelang sudah, pengumuman sudah. Tinggal masukan kalau tidak salah penawaran harga,” ujar KSAU Marsekal Imam Sufaat di Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Rabu, 7 April 2010.

Empat tipe pesawat pengganti yang lolos ke tahap akhir adalah T50 Golden Eagle buatan Korea Selatan, Yakovlev Yak 130 buatan Rusia, Aero L159 Alca buatan Ceko, dan FTC 2000 buatan China.

T-50 merupakan produksi Industri Pesawat Terbang Korea Selatan yang berfungsi sebagai pesawat latih supersonik dan penyerang ringan. Pengguna utamanya adalah militer Korea Selatan dengan harga mencapai 21 juta dolar Amerika pada tahun 2008.

Yakovlev Yak 130 merupakan pesawat latih subsonik yang bisa juga difungsikan sebagai penyerang ringan. Pesawat ini digunakan oleh militer Rusia dan berharga 15 juta dolar Amerika.

L159 Alca dioperasionalkan sebagai pesawat tempur ringan yang diproduksi oleh Aero Vodochody. Pengguna utama adalah militer Ceko sejak tahun 90-an. Harganya berkisar 15-17 juta dolar Amerika.

FTC2000 merupakan pesawat latih dua kursi buatan Guizhou Aircraft Industry Corporation. Pesawat ini digunakan oleh Angkatan Udara China dan jumlahnya dibuat secara terbatas.

Upaya penggantian pesawat Hawk MK-53 telah lama dilakukan, mengingat sebelumnya pesawat tempur buatan Inggri itu pernah tidak dapat terbang dalam waktu lama karena mengalami kerusakan mesin yang cukup parah.

Hawk MK-53 pertama kali  masuk ke Indonesia pada tanggal 29 September 1980. Masa pakai pesawat tempur yang pernah dilarang digunakan oleh Inggris untuk operasi militer di Aceh tersebut akan habis pada tahun 2011 mendatang.



ARTIKEL LAINNYA

Akhirnya KPU Batalkan Kerjasama dengan Lemsaneg
TNI Tarik Pesawat Tempur dan Personil dari Darwin, Australia
Puluhan Pesawat Tempur Latihan Perang di Pulau Natuna
7 Sikap Politik Demokrat, Semua Mengapresiasi Kinerja SBY
Indonesia Segera Punya 16 Pesawat Tempur T-50i
TNI-AU Gelar Latihan Gunakan Pesawat Tempur Super Tucano
Indonesia Kembali Terima 6 Pesawat Tempur Sukhoi
Gerindra Akan Gelar Sidang Kasus Pemukulan Perempuan Hamil