TobaRock Berubah Jadi TobaWorld

viky-sianipar-maiwanews

maiwanews – Program musik bertajuk TobaRock diadakan untuk terakhir kalinya pada 3 Oktober malam. Konser musik bulanan di Toba Dream Jakarta untuk selanjutnya diberi nama TobaWorld. Demikian disampaikan Viky Sianipar, penggagas acara tersebut dalam konferensi pers di Toba Dream Sabtu 3 Oktober malam. TobaWorld dikatakan akan mengusung konsep penggabungan etnik Batak dan Barat.

Mengenai kesulitan dalam perubahan menjadi TobaWorld, Viky menilai justru musik bernuansa etnik lebih mudah diterima di luar negeri dibanding dslam negeri sendiri. Viky bahkan menilai generasi muda kebanyakan mulai melupakan budaya sendiri. Ia juga sempat menyampaikan terima kasih atas klaim budaya Indonesia oleh negara lain karena justru mengingatkan kita kembali pada kekayaan budaya sendiri.

Penghargaan AMI Award

Selain memperkenalkan program musik baru di Toba Dream, Viky juga menyampaikan rasa syukur atas penghargaan Anugerah Musik Indonesia (AMI) Award. Salah satu lagu karangan Nahum Situmorang berjudul “Pulau Samosir” diaransemen ulang oleh Viky.

Lagu tersebut biasanya dibawakan dengan nuansa akustik (Latin), nun oleh Viky diramu menjadi musik reggae. Lagu Pulau Samosir mendapat penghargaan sebagai “Karya Produksi Lagu Berbahasa Daerah Terbaik” pada AMI Award ke-18 baru-baru ini. (m011)