Unggah Film yang Sudutkan Islam, MUI Prihatin Kinerja Humas Polri

maiwanews – ⁠⁠⁠Wakil Sekjen Majelis Ulama Indonsia (MUI) Amirsyah Tambunan prihatin terhadap Humas Polri yang mengunggah film dalam situs resminya yang isinya mendiskreditkan ummat Islam.

Film pendek pemenang Police Movie Festival berjudul ‘Aku Adalah Kau yang Lain’ itu diunggah di situs resmi Humas Polri yang kemudian menjadi kontroversi kata Amirsyah, sangat menyudutkan Islam.

“MUI merasa prihatin terhadap kinerja Humas Polri (yang mengunggah film kontrovesi itu),” kata Amirsyah dalam keterangannya, Kamis (29/6/2017).

Menurut Amirsyah, Humas Polri kurang memiliki rasa sensitivitas karena menerima dan meng-upload film seperti itu ke media sosial. Meskipun film tersebut bukan buatan polisi kata dia, namun sangat disesalkan karena film tersebut sempat beredar di publik.

Di saat yang sama, Amirsyah mengapresiasi Kapolri Jenderal Tito Karnavian yang segera bertindak cepat dan dan menarik film pendek itu guna menghindari pro-kontra yang berpotensi konflik.

Meski begitu, Amirsyah meminta agar Humas Polri maupun sutradara film menyampaikan permintaan maaf kepada publik.

Amirsyah juga menyayangkan sikap profesional sejumlah pihak yang bertindak sebagai juri seperti Renny Jayusman dan Oppy Andaresta sehingga film seperti itu bisa lolos sebagai juara.

Amirsyah berharap agar ke depan, semua pihak senantiasa melibatkan sejumlah pihak, seperti Lembaga Sensor Film (LSF), MUI, Muhammadiyah, dan NU, dalam pembuatan film semacam itu.

Seperti diketahui, film pendek kontroversial berjudul ‘Aku Adalah Kau yang Lain’ merupakan juara Police Movie Festival yang dipilih dari 20 film terbaik hasil penjaringan. Sebagai juara, Humas Polri lalu mengunggah film itu yang berbuntut protes keras dari ummat Islam.