Untuk Usut FPJP dan PMS, KPK Akan Undang Pejabat KSSK

Gedung KPKJakarta – Di tengah-tengah sorotan publik yang menilai KPK lamban bahkan sepertinya enggan  menangani dan menyelesaikan kasus Century, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berencana mengundang pejabat Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK).

Langkah pemanggilan pejabat KSSK tersebut akan diambil KPK dalam rangka pengusutan kasus dugaan korupsi Bank Century pada Fasilitas Pendanaan Jangka Pendek (FPJP) dan Penyertaan Modal Sementara (PMS).

“Ada rencana meminta keterangan pajabat KSSK,” kata Johan Budi. Namun Johan masih belum bisa menyebutkan siapa saja pejabat KSSK yang akan mulai dipanggil untuk dimintai keterangan. “Nanti setelah ada perkembangan baru saya beritahukan kapan dan siapa yang akan dimintai keterangan,” jelas Juru Bicara KPK, Johan Budi SP, di Gedung KPK, Jakarta, Selasa 13 April 2010.

Menurut Johan Budi, saat ini pihak penyelidik KPK juga masih mengumpulkan dan menelaah data dari PPATK yang jumlahnya mencapai 4000 lembar.

Paska rekomendasi DPR RI tentang adanya pelanggaran dalam bailout Bank Century, hingga kini, belum ada langkah kongkrit pemerintah berupa sangsi baik dalam bentuk administrasi, hukum, maupun politik terhadap oknum yang dianggap bersalah.

KPK yang semula diharap banyak dalam menangani kasus korupsi skandal Century, sejauh ini belum memberi kabar yang menggembirakan, padahal KPK lah yang mula-mula meminta BPK mengaudit Century jauh sebelum Pansus Century bergulir di DPR.