WIDI International Fishing Tournament 2017 Perebutkan Piala Presiden

Peluncuran Widi International Fishing Tournament 2017 (WIFT) di Jakarta 4 Juni (Foto: Kemenko Maritim)

maiwanews – Indonesia segera menggelar kejuaraan memancing Widi International Fishing Tournament (WIFT) 2017 di Kepulauan Widi Maluku Utara Oktober mendatang. Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Alam dan Jasa Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman (Kemenko Maritim) Agung Kuswandono Senin 5 Juni di Jakarta mengatakan turnamen bertaraf internasional tersebut merupakan kali pertama diadakan di Indonesia.

Kegiatan tersebut dilaksanakan atas kerjasama Kemenko Maritim, Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Gubernur Maluku Utara, serta para komunitas pemancing Indonesia. Para peserta akan memperebukan piala presiden.

Turnamen memancing di Widi merupakan inisiasi pemancing Indonesia, gagasan masyarakat pemancing tersebut kemudian mendapat dukungan dari Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba dan organisasi pemancingan internasional. Gubernur Abdul Gani kemudian menghadap Menko Maritim, Menko Pariwisata, dan pihak terkait lainnya. Setelah mendaat tanggapan positif, maka digagaslah pelaksanaan turnamen memancing di Widi.

Hingga saat ini jumlah pendaftar sudah mencapai 80an tim dimana tiap tim terdiri dari 4 sampai 5 orang peserta, mereka akan menggunakan 1 kapal. Dari 80an tim, 12 diantaranya berasal dari luar negeri. Jumlah itu telah melampaui target awal yaitu sebanyak 50 tim. Diperkirakan jumlah peserta masih akan terus bertambah.

Karena targetnya 50 tim, maka panitia hanya menyiapan kapal sekitar 50an, karena itu panitia sedang berupaya menambah jumlah kapal. Misalnya dengan mendesain kapal nelayan agar bisa memenuhi standar, meminta bantuan kepada Kementerian Pariwisata dan KKP, serta meminjam ke daerah lain seperti Papua dan Jawa.

Selain mempersiapkan kapal dan peralatan lainnya, panitia juga akan mengundang Presiden Joko Widodo. Hal ini membuat persiapan harus lebih matang. Ada kemungkinan pembukaan dilaksanakan di tengah laun dan Presiden Jokowi juga akan ikut memancing. (Kemenko Maritim)