XL Lakukan Perubahan Tugas dan Wewenang Direksi

HASNUL SUHAIMI
HASNUL SUHAIMI
SURABAYA – PT XL Axiata Tbk. (XL), perusahaan telekomunikasi nomor dua di Indonesia yang sahamnya tercatat di Bursa Efek Indonesia (IDX) sejak tahun 2005, belum lama ini melakukan perubahan tugas dan wewenang dalam jajaran Direksinya.

Presiden Direktur XL, Hasnul Suhaimi, dalam siaran persnya yang diterima maiwanews.com di Surabaya menyatakan, perubahan tugas dan wewenang ini sifatnya adalah internal dan sudah kita lakukan di XL sejak tahun lalu untuk karyawan. Tahun ini baru mulai kita terapkan ke jajaran Direksi.

“Tujuan dari perubahan ini didasari pada komitmen kita kepada seluruh stakeholders untuk mempersiapkan XL menuju ke suatu organisasi yang makin matang, fokus pada kebutuhan pelanggan yang akhirnya akan lebih meningkatkan kinerja perusahaan secara keseluruhan, tutur Hasnul suhaimi.

Sementara itu, Corporate Secretary XL, Murni Nurdini, menjelaskan tidak ada penambahan atau pengurangan anggota Direksi dalam perubahan ini, karena apabila ada, kami wajib terlebih dahulu memperoleh persetujuan Rapat Umum Pemegang Saham. Secara governance procedural, perubahan ini sudah sesuai dengan ketentuan Anggaran Dasar XL dimana cukup dilakukan dengan keputusan direksi.

Dalam perubahan kewenangan ini, Willem Lucas Timmermans yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Finance akan mengemban tugas dan wewenang baru sebagai Direktur Operasional. Joy Wahjudi yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Commerce akan mengemban tugas dan wewenang baru sebagai Direktur Consumer Marketing, kewenangan yang sebelumnya diemban oleh P. Nicanor V. Santiago III.

Jabatan Direktur Commerce akan diemban oleh P. Nicanor V. Santiago III. Sedangkan untuk lebih memfokuskan pelayanan dan untuk memastikan XL selalu dapat memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggannya, direktorat yang dikepalai oleh Dian Siswarini berubah nama menjadi direktorat Services & Technology (Direktur Services & Technology), sementara tidak terjadi perubahan kewenangan. Sedangkan kewenangan Presiden Direktur yang dijabat oleh Hasnul Suhaimi tidak mengalami perubahan. Masa transisi dari perubahan ini khususnya menyangkut operasional serah terima secara administrasi dan koordinasinya diharapkan akan selesai dalam waktu dua minggu.

Pelaksanaan tugas-tugas harian yang berkaitan dengan keuangan/finansial untuk sementara sampai dengan ditunjuknya Direktur Finance yang definitif oleh Rapat Umum Pemegang Saham akan dilaksanakan oleh Lila Nirmandari, Sr. GM Financial Accounting & Taxation, berdasarkan kuasa dari Presiden Direktur. Proses pengambilan keputusan akan dilakukan oleh Direksi secara kolegial. (doni sujito)