1.970 ABK WNI dari Jerman Telah Pulang ke Indonesia

maiwanews – 1.970 Anak Buah Kapal di kapal pesiar Jerman, TUI Cruises, telah dipulangkan ke Indonesia. Pemulangan migran asal Indonesia dilepas oleh Duta Besar Indonesia untuk Jerman Arif Havas Oegroseno Selasa 20 Mei.

Dalam kesempatan itu Duta Besar (Dubes) Arif Havas menyapa secara langsung dan melepas para anak Buah Kapal (ABK) melalui mikrofon di dalam pesawat.

Rasa syukur disampaikan Dubes Arif karena para pelaut Indonesia itu negatif Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dari dua kali uji PCR. Dubes berpesan saat kembali bekerja di Jerman nanti, tiap 17 Agustus di Berlin ada pesta rakyat. “Kalau teman-teman kangen aneka makanan Indonesia jangan lupa mampir ke KBRI Berlin, ya… Selamat sampai tujuan, stay healthy and safe flight“, kata Dubes Arif Havas.

Para ABK pulang ke Indonesia dengan menumpang pesawat TUI Fly bernomor TB 8333. Pesawat terbang dari bandara Hamburg pukul enam sore waktu setempat, mengangkut 242 WNI ABK kapal pesiar grup TUI. Mereka merupakan awak dari kapal Mein Schiff 3, Mein Schiff 4, Mein Schiff 5 dan Mein Schiff 6.

Dari Hamburg, pesawat charter itu terbang langsung ke Denpasar, Bali, dijadwalkan tiba pada Rabu 21 Mei pukul 13.00 WITA.

Sebelumnya, tiga pesawat charter disewa perusahaan TUI Cruiser untuk memulangkan awak asal Indonesia. Ketiganya terbang pada 10 dan 11 Mei.

Selain dengan pesawat sewaan, perusahaan TUI Cruises juga telah memulangkan awak ke Indonesia dengan pesawat komersial. 8 Mei lalu 180 oran dipulangkan dengan pesawat komersial. Dalam sebulan terakhir, TUI Cruises total telah memulangkan 1.241 ABK dari Indonesia. (VoA/fw/em)