10 Juta Dosis Bahan Baku Vaksin dari Sinovac Tiba di Indonesia

maiwanews – 10 juta dosis bahan baku vaksin tiba di Indonesia Selasa 2 Maret. Materi dasar vaksin COVID-19 (Corona Virus Disease 2019) dari perusahaan Sinovac itu tiba di Bandara International Soekarno-Hatta Cengkareng Tangerang sekira pukul 12:05 WIB.

Pemerintah hingga kini telah mendatangkan 38 juta dosis dari perusahaan Sinovac. Sebelumnya Indonesia telah 4 kali mendatangkan vaksin baik dalam bentuk bahan baku maupun siap pakai. Pertama sebanyak 1,2 juta dosis vaksin siap pakai, kedua 1,8 juta dosis vaksin siap pakai.

Kedatangan ketiga adalah bahan dasar pembuatan vaksin sebanyak 15 juta dosis, dan keempat sebanyak 10 juta dosis bahan dasar vaksin.

Wakil Menteri Kesehatan dr. Dante Saksono mengatakan bahan dasar itu akan diolah oleh Bio Farma menjadi vaksin. Hasilnya akan digunakan untuk program vaksinasi massal gratis. Program ini menarget 181,5 juta orang.

Bio Farma merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) farmasi, perusahaan ini telah memperoleh sertifikat Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Sinovac bukan satu-satunya perusahaan penyuplai vaksin untuk Indonesia, beberapa perusahaan farmasi luar negeri lainnya telah memberikan komitmen untuk menyuplai Indonesia. Perusahaan-perusahan itu adalah AstraZeneca dari Inggris, Pfizer-BioNTech dari Jerman dan Amerika, serta Novavax dari Amerika. (BPMI Setpres)