3 Anggota OPM Menyerahkan Diri

maiwanews – Tiga anggota Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) menyerahkan diri Sabtu 15 Mei. Mereka adalah YAW (34 tahun), MM (17 tahun), dan OM (41 tahun). Demikian disampaikan Kepala Penerangan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III (kogawilhan), Kolonel Czi IGN Suristiawa Minggu 16 Mei.

Kolonel Suristiawa menjelaskan, tiga teroris tersebut merupakan anggota Kelompok Separatis Bersenjata (KSB) pimpinan Lekagak Telenggen. Berdasarkan pengakuan para teroris itu, mereka memiliki tugas berbeda.

YAW bertugas memantau pergerakan aparat ke Kampung Tigilobak Papua, MM bertaanggung jawab dalam pengadaan logistik dan penggumpulan dana dari masyarakat, dan OM membantu kedua orang tersebut.

Saat menyerahkan diri, ketiga teroris itu juga menyerahkan beberapa senjata termasuk senapan angin, parang, dan anak panah. Selain itu juga diserahkan beberapa dokumen.

Ketiga anggota OPM itu menyerahkan diri setelah satgas melakukan penyisiran serta dipisahkan dari penduduk. Saat ini mereka menjalani pemeriksaan oleh Satgas Ops Nemangkawi TNI-Polri.

Kabar penyerahan diri tiga anggota OPM belum dikonfirmasi oleh TPNPB-OPM. Juru bicara TPNPB-OPM, Sebby Sambom, mengatakan belum menerima laporan mengenai penyerahan diri itu. Ia masih meragukan 3 orang tersebut benar anggota OPM. Bisa saja ketiganya adalah masyarakat biasa, direkrut TNI-Polri untuk propaganda. (VOA)