44 Meninggal pada Festival Keagamaan di Israel

maiwanews – Membludaknya pengunjung di sebuah festival keagamaan di Israel utara menewaskan sedikitnya 44 orang dan melukai sekitar 150 pada Jumat pagi 30 April. Diperkirakan puluhan ribu orang Yahudi ultra-Ortodoks menghadiri kegiatan itu.

Zaki Heller, juru bicara Magen David Adom, layanan darurat Israel, mengatakan enam di antara korban cedera berada dalam kondisi kritis.

Di media sosial, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyebutnya sebagai bencana besar dan menambahkan, “Kami semua berdoa untuk kesejahteraan para korban”.

Perstiwa berawal ketika puluhan ribu orang Yahudi ultra-Ortodoks berpartisipasi dalam ziarah tahunan untuk pesta Lag BaOmer, di Gunung Meron (Jabal al-Jarmaq), di sekitar makam terkenal Rabbi Shimon Bar Yochai.

Saksi mata mengatakan insiden itu dimulai ketika sejumlah besar orang mencoba keluar dari situs itu memadati lorong sempit seperti terowongan. Orang-orang mulai jatuh di atas satu sama lain di dekat ujung jalan setapak, saat mereka menuruni tangga logam licin.

Pihak berwenang telah mengizinkan 10 ribu orang untuk berkumpul di lokasi makam itu, tetapi penyelenggara mengatakan lebih dari 650 bus telah disewa dari seluruh negeri, membawa setidaknya 30 ribu orang peziarah ke Gunung Meron. (Tasnim)