60 Ribu Jamaah Tunaikan Ibadah Haji di Tengah Pandemi

Suasana penyelenggaraan ibadah haji 2016. Mekah, Jumat 16 September 2016.

maiwanews – Tahun ini 60 ribu jamaah menunaikan ibadah haji di tengah pandemi, lebih banyak dibanding tahun lalu yakni sebanyak seribu jamaah, tapi jauh berkurang dibanding sebelum pandemi yaitu sekitar 2,5 juta jamaah.

Pada penyelenggaraan tahun ini pemerintah Arab Saudi memberi izin hanya kepada penduduk setempat untuk menunaikan ibadah haji sebagai rukun Islam kelima.

Dalam laporannyaSenin 19 Juli, VOA menyebutkan umat Islam Minggu 18 juli mengelilingi Kabah dengan menerapkan protokol kesehatan, diantaranya menggunakan masker dan menjaga jarak sebagai upaya menekan penyebaran COVID-19 (Corona Virus Disease 2019).

Penetapan jumlah jamaah haji tahun ini telah ditetapkan oleh Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi Sabtu 12 Juni sebagaimana dilaporkan SPA (Saudi Press Agency) beberapa waktu lalu. Selain jumlah, Pemerintah Arab Saudi juga menetapkan beberapa persyaratan lainnya.

Kementerian itu menegaskan jamaah haji tahun ini berusia antara 18 hingga 65 tahun, telah menjalani vaksinasi sesuai prosedur dan petunjuk kerajaan, dan bebas dari penyakit kronis. (z)