7 Kandidat Presiden Iran Jalani Debat Capres Putaran Pertama

maiwanews – Tujuh kandidat presiden Iran berhadapan dalam putaran pertama debat hari Sabtu 5 Juni, sekitar dua pekan sebelum pemilihan. Debat itu disiarkan langsung televisi secara nasional, mengupas visi misi kandidat pada persoalan ekonomi.

Para kandidat menjelaskan rencana mereka untuk menangani masalah ekonomi utama negara itu setelah menjabat.

7 kandidat dalam perebutan jabatan eksekutif tertinggi di Iran dipilih oleh Dewan Konstitusi di antara lebih dari 590 pelamar. 7 orang terpilih masing-masing adalah Saeed Jalili, Mohsen Rezaee, Seyed Ebrahim Raeisi, Alireza Zakani, Seyed Amir Hossein Qazizadeh Hashemi, Mohsen Mehralizadeh, dan Abdolnasser Hemmati.

Pemilihan presiden (pilpres) Iran ke-13 dijadwalkan berlangusng pada 18 Juni, bersamaan dengan pemilihan dewan dan parlemen paruh waktu dan Majelis Ahli. Lebih dari 59.310.000 warga Iran berhak memilih tahun ini.

Terkait pilpres tersebut, Pemimpin Revolusi Islam Ayatollah Seyed Ali Khamenei 27 Mei lalu menyarankan para kandidat presiden untuk menghindari fitnah terhadap kandidat lain atau mengubah pemilihan menjadi perang kekuasaan. (Tasnimnews)