8 Bandara Internasional Berpotensi Jadi Hub dan Super Hub

maiwanews – Ada 8 bandar udara internasional berpotensi menjadi hub dan super hub. Hal ini disampaikan oleh Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas Kamis 6 Agustus di Istana Merdeka Jakarta. Diantaranya Soekarno-Hatta, Ngurah Rai, Kualanamu, Yogyakarta, Balikpapan, Hassanudin, Sam Ratulangi, dan Juanda Surabaya.

Penerbangan dan pariwisata merupakan sektor terkontraksi sangat dalam akibat Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Demikian diungkap Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rapat terbatas ratas) mengenai Penggabungan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Sektor Aviasi dan Pariwisata tersebut.

Namun kontraksi akibat pandemi corona ini justru harus menjadi momentum untuk konsolidasi dan transformasi bidang pariwisata dan juga penerbangan melalui penataan lebih baik. Penataan penerbangan, penentuan hub dan super hub, kemungkinan penggabungan BUMN penerbangan dan pariwisata sehingga arahnya menjadi semakin kelihatan.

Menurut Presiden Jokowi, perusahaan penerbangan hub saat ini terlalu banyak dan tiadk merata. Saat ini ada 30 bandara internasional, hal ini juga dipertanyakan oleh presiden, apakah memang diperlukan sebanyak itu.

Perlu dilakukan manajemen perusahaan penerbangan, bandara, dan layanan penerbangan, kemudian tersambung dengan manajemen destinasi, hotel, dan perjalanan bahkan sampai kepada manajemen dari produk-produk lokal dan industri kreatif.. (Setkab/FID/EN)