96 tahun PDAM Makassar, Fokus Cakupan Layanan & Kehilangan Air

maiwanews – Perumda Air Minum Kota Makassar dalam usia ke-96 tahun telah melalui perjalanan cukup panjang dalam pengelolaan sistem penyediaan air minum bagi masyarakat. Pelayanan kebutuhan air bersih di kota Makassar telah ada sejak zaman kolonial Belanda.

Layanan tersebut menjadi cikal bakal berdirinya perusahaan pada tahun 1924 dengan nama Waterleading Bedrij dan melayani kebutuhan air bersih khusus buat orang-orang kolonial Belanda dan koleganya kala itu. Dari sinilah sejarah terbentuk hingga kini memasuki usia ke 96 tahun terus berbenah, berjuang untuk memenuhi kebutuhan utama dari masyarakat kota Makassar.

Demikian disampaikan Kabag Humas Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Makassar (PDAM) Muh. Rusli dalam keterang persnya Senin 10 Agustus di Makassar. Lebih lanjut dijelaskan, seiring perkembangan kota Makassar dengan tingkat populasi penduduk juga bertambah menuntut kerja keras Manajemen. Hingga saat ini cakupan layanan PDAM Kota Makassat masih pada sekitar 73%.

Tahun ini manajemen memasang target cakupan layanan PDAM hingga 80%. Untuk mencapai target itu, selain dibutuhkan peningkatan kapasitas produksi Instalasi Pengolah Air (IPA) juga harus seiring dengan pemasangan jaringan perpipaan untuk memperluas jangkauan, pemerataan layanan khususnya pada daerah-daerah di mana selama ini masih sering mengalami gangguan pelayanan.

Perluasan cakupan dan pemerataan layanan dapat menambah serapan penggunaan air sehingga dapat menekan tingkat kehilangan air. Penggantian meter pelanggan berusia diatas 5 tahun juga menjadi sasaran untuk memberi layanan lebih baik. Selain itu pembentukan tim khusus penertiban pelanggan untuk meminimalisir pencurian air.

Kabag Rusli mendoakan semoga diusia ke 96 tahun ini Perumda Air Minum Kota Makassar dapat merealisasikan semua target rencana. Dengan pencapaian target itu diharapkan masyarakat yang selama ini belum merasakan air bersih PDAM dapat terlayani. “Perumda Air Minum Kota Makassar lebih baik, lebih siap melayani, kini, dan masa mendatang secara berkesinambungan”, pangkas Kabag Rusli. (PDAM Makassar/Bams)