Amerika Pesan 100 Juta Dosis Calon Vaksin COVID-19 dari Moderna

maiwanews – Pemerintah Amerika Serikat memesan 100 juta dosis calon vaksin COVID-19. Dalam sebuah konferensi pers di Gedung Putih Selasa 11 Agustus sore, Presiden Donald Trump mengumumkan pemerintah federal telah sepakat dengan perusahaan bioteknologi Moderna.

Perusahaan Amerika itu akan memproduksi vaksin Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) sebagaimana kesepakatan, sementara uji klinis dilakukan.

Di Amerika Serikat (AS) tiga calon vaksin sedang dalam tahap akhir uji coba pada manusia. Presiden Trump mengklaim telah berada di jalur tepat untuk menghasilkan 100 juta dosis vaksin corona segera setelah disetujui. Kemudian akan diproduksi hingga 500 juta dosis lain segera setelahnya.

Menteri Urusan Kesehatan dan Layanan Publik AS, Alex Azar, dalam sebuah pernyataan mengomentari penandatangan kesepakatan pemeritah dengan Moderna tersebut. Menurutnya, langkah terakhir pemerintahan Presiden Trump ini meningkatkan kemungkinan Amerika akan memiliki setidaknya satu vaksin aman dan efektif pada 2021.

Presiden Trump sebelumyan menyatakan keyakinannya bahwa vaksin virus corona siap menjelang pemilihan presiden 3 November nanti.

Terkait klaim Presiden Rusia Vladimir Putin Selasa 11 Agustus bahwa negaranya menjadi negara pertama menyetujui vaksin COVID-19, Presiden Trump tidak memberi komentar. (VoA/em/pp)