Amerika Rencana Akhiri Gugus Tugas Covid-19

maiwanews – Amerika Serikat berencana mengakhiri gugus tugas COVID-19 meskipun penyebaran infeksi masih berlanjut dan korban meninggal terus bertambah.

Amerika melaporkan 1,2 juta kasus Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), lebih dari negara lainnya di dunia, serta lebih dari 70 ribu korban meninggal.

Dalam sebuah pernyataan Selasa 5 Mei, Presiden Donald Trump memberi konfirmasi bahwa gugus tugas penanganan COVID-19 (diketuai oleh Wapres Mike Pence) akan dikurangi kegiatannya.

Dalam kunjungan ke sebuah pabrik produsen masker di Phoenix, Arizona, Presiden Trump mengatakan kepada para wartawan, “Mike Pence dan gugus tugasnya telah melaksanakan pekerjaan hebat, dan kini kami meninjau sebuah bentuk yang sedikit lain, dan itu adalah keselamatan dan pembukaan ekonomi”.

Sebelumnya, Gedung Putih menepis sebuah laporan pemerintah AS tentang akan berlipat ganda jumlah korban tewas akibat pandemi COVID-19 pada 1 Juni mendatang.

Juru bicara Gedung Putih, Judd Deere, Senin 4 Mei mempertanyakan sebuah laporan dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (Centers for Disease Control and Prevention/CDC).

Lembaga itu meramalkan sekitar 200 ribu kasus virus korona baru setiap hari pada akhir bulan. Jumlah itu naik pesat dari 25 ribu kasus sekarang. (VoA/jm/pp)