Amiruddin Rustan Bantah Pernah Sumbang Partai

Makassar – Amiruddin Rustan, salah seorang nasabah Bank Century Makassar yang kini beubah menjadi Bank Mutiara, membantah pernah menyumbang salah satu tim pemenangan Pilpres tahun lalu.

Seperti diberitakan sebelumnya bahwa ditemukan aliran dana ke tim sukses peserta pilpres 2009  sebanyak Rp. 1, 450 milyar yang disetor dalam dua tahap pada bulan Juni 2009. Dalam berita yang kemudian diralat Akbar Faisal tersebut, bahwa data dari KPU yang diminta Panses Century, menyebutkan nama Amiruddin Rustan tercantum sebagai penyumbang tim SBY – Boediono pada urutan 99 dari 100 penyumbang.

Dalam pertemuannya dengan anggota Pansus Century di Mapolda Sulsel, Jl. Perintis Kemerdekaan, Jumat 12 Februari 2010, Jhon, nama lain dari Amiruddin Rustan juga mengaku tidak mengenal orang – orang partai. Pemilik sebuahbengkel besar Mahaputra yang terletak di Jl. Bandang Makassar itu juga membantah pernah membantu Rustan Consulting, salah satu tim pemenangan SBY – Boediono.

Namun begitu, ada hal yang menarik dari pertemuan yang berlangsung cair dan komunikatif itu yakni data PPATK tentang tiga buah transaksi senilai Rp. 10 milyar atas nama Amiruddin yang berlangsung pada saat rekeningnya di Century telah diblokir. Meski atas nama dirinya, pengusaha keturunan  kelahiran Makassar tersebut membantah telah melakukan transaksi dimaksud.

Pansus Century melakukan road show ke lima kota Indonesia untuk melakukan penelusuran aliran dana Bank Century. Lima kota itu adalah Jakarta, Surabaya, Bali, Medan, dan Makassar. Anggota Pansus dari masing – masing kota tersebut juga telah menemukan sejumlah keganjilan aliran dana Century.

Di Bali ditemukan 50 rekening mencurigakan, sementara di Jakarta ditemukan 4 buah rekening yang dicurigai fiktif. Jadawal pertemuan Pansus dengan Putra Sampurna di Surabaya masih menemui jalan buntu.