Anggota DPR Desak Investigasi Tank Tabrak Motor dan Gerobak

maiwanews – Anggota Komisi I DPR RI Willy Aditya mendesak penyelidikan secara tuntas atas tragedi tank menabrak empat motor dan sebuah gerobak di Bandung Barat. Ia juga meminta hasil investigasi nantinya disampaikan ke publik. Hal itu disampaikan dalam keterangan persnya Jumat 11 September.

Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) itu mengatakan peralatan perang milik TNI (Tentara Nasional Indonesia) terikat pada peraturan dalam penggunaannya. Tidak mungkin peralatan perang keluar masuk tanpa keterangan. Peristiwa ini dinilai bukan sekadar kelalaian mengendarai tank sebagai penyebab kecelakaan.

Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) III/Siliwangi Kolonel Infanteri F.X. Sri Wellyanto Kasih menjelaskan kecelakaan tank menabrak motor dangerobak terjadi pada Kamis 10 September 2020 di pertigaan pasar Rajamandala atau Jalan Raya Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, pada pukul 11.00 WIB saat latihan Uji Siap Tempur Tingkat Kompi.

Saat melintas di pertigaan terjadi kecelakaan menabrak empat buah motor dan satu gerobak penjual tahu. Menurut Kapendam, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto langsung memerintahkan Danpomdam III/Siliwangi segera melakukan penyidikan di Tempat Kejadian Perkara (TKP). Tim sedang melakukan investigasi, masih menunggu proses penyelidikan dari pihak POM. Apakah kecelakaan itu akibat kesalahan manusia (human error) atau masalah teknis. (DPR/mh/sf)