Anies Ingin Pastikan Tim Medis Siap Jika PSBB Berakhir

maiwanews – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan wakilnya A. Riza Patria Jum’at 29 Mei meninjau Puskesmas di Kramat Jati. Dalam kesempatan tu Gub Anies mengatakan ini adalah pekan penentuan bagi keberlanjutan PSBB.

Jika Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dituntaskan, berarti kita mulai masuk ke masa transisi, demikian ungkap Gub Anies. Di masa transisi, masyarakat mulai melakukan kegiatan secara terbatas.

Ini akan menyebabkan terjadi interaksi antar orang dimana Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) menular melalui interaksi. Jika ada warga terpapar, maka beban terbesar akan dihadapi oleh jajaran medis.

Karena itu tim kesehatan harus siap menghadapi masa transisi, juga harus dipastikan kesiapan fasilitas kesehatan.

Dari peninjaukan itu, Gub Anies melihat tenaga medis dan fasilitas kesehatan di Puskesmas Kramat Jati sudah siap. Bahkan Alat Pelindung Diri (APD) dikatakan sudah disiapkan lebih dari 2.000 unit. Semua itu dalam rangka memastikan jika ada masyarakat terpapar virus korona, maka bisa segera ditangani dengan baik.

Gub Anies menegaskan, jika menjelang masa transisi harus melakukan pengecekan pada fasilitas kesehatan. Tempat lain dikatakan hanya mengalami penambahan pengunjung, sementara fasilitas kesehatan harus bersiap menyembuhkan warga terpapar atau memiliki keluhan kesehatan.

“Alhandulillah dari sini nampak bahwa fasilitas kesehatan di Jakarta siap, dan Insya Allah bila nanti ini adalah penghabisan, kita mulai transisi, maka pertahanan terakhirnya sudah disiapkan”, denikian dijelaskan Gub Anies. (Pemprov Jakarta)