Arab Saudi Perpanjang Pembatasan Pandemi COVID-19

maiwanews – Pemerintah Kerajaan Arab Saudi memutuskan untuk memperpanjang pembatasan COVID-19 (Corona Virus Disease 2019). Berdasarkan informasi dari sumber-sumber resmi kantor berita Arab Saudi (SPA) Minggu 14 Februari mengabarkan bahwa pembatasan berlaku hingga 20 hari ke depan.

Kebijakan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) itu untuk meredam perebakan virus korona, dimulai 5 Februari lalu hingga 20 hari ke depan.

Aturan pembatasan itu diantaranya adalah pertemuan sosial tidak boleh lebih dari 20 orang. Dengan adanya pembatasan juga maka dilakukan penangguhan atau penutupan semua kegiatan rekreasi dan pusat olahraga umum. Adapun layanan restoran dan cafe hanya boleh memberi layanan pesan bawa pulang, tidak diizinkan memberi layanan makan/minum di tempat.

Prebakan virus korona di Arab Saudi perlahan mulai terkendali setelah sebelumnya mencapai puncaknya pada musim panas 2020 lalu dimana hampir 5.000 kasus ditemukan setiap harinya. Pasa akhir tahun lalu kasus baru turun hingga 100 kasus per hari. Memasuki tahun 2021 kasus COVID-19 kembali melonjak, sejak 2 Februari terjadi sedikitnya 300 kasus perhari. (VOA)