AS-Australia Rencana Perluas Kerjasama Militer Hadapi China

maiwanews – Amerika Serikat dan Australia berencana memperluas kerjasama militer menyusul peningkatan ketegangan dengan China. Dalam sebuah pembicaraan Selasa 28 Juli, dua menteri Australia menawarkan dukungan terhadap Amerika Serikat dalam menyikapi hubungan dengan China.

Tawaran dukungan disampaikan Menteri Luar Negeri (Menlu) dan Menteri Pertahanan (Menhan) dalam pembicaraan tahunan di Washington. Rencana ini menghadirkan front bersama di antara sekutu.

Menyabut tawaran dua menteri Australia, Menlu Amerika Serikat (AS) Mike Pompei dalam konferensi pers bersama mengatakan bahwa Amerika mengetahui adanya ancaman terhadap Australia, bahkan terhadap seluruh dunia. Dan AS mendukung Australia dalam aliansi tak terpatahkan.

Sementara Menhan Amerika Mark Esper memuji Australia atas partisipasi lima kapal perangnya dalam latihan bersama dengan armada tempur kapal induk AS dan kapal perusak Jepang di Laut Filipina pekan lalu.

Menhan Australia Linda Reynolds mengatakan Amerika dan negaranya akan membangun hubungan bilateral dalam banyak bidang pertahanan, mencakup hipersonik, elektronik, dan perang antariksa. Dengan kerjasama bilateral AS-Australia, akan memperkuat kemampuan kedua negara terhadap keamanan regional. (VoA/ka/pp)