AS dan Korsel Kecam Pelucuran Rudal Balistik Korut

20220506-konferensi-pers-john-kirby-5mei2022-waktu-setempat
Juru bicara Pentagon John Kirby (kanan) dalam konferensi pers hari Kamis, 5 Mei 2022 waktu setempat, terkait pembicaraan telepon antara Menhan AS Lloyd Austin III dan Menhan Korsel Suh Wook.

maiwanews – Amerika Serika dan Korea Selatan mengecam peluncuran rudal balistik oleh Korea Utara. Peluncuran rudal itu dinilai mengancam perdamaian dan stabilitas Semenanjung Korea dan kawasan Indo Pasifik.

Kecaman terhadap peluncuran rudal oleh Korut (Korea Utara/Democratic People’s Republic of Korea/DPRK) disampaikan Menhan (Menteri Pertahanan) Amerika Serikat Lloyd J Austin III dan Menhan Korsel (Korea Selatan/Republic of Korea/ROK) Suh Wook dalam pembicaraan melalui sambungan telepon.

Pembicaraan kedua menhan disampaikan juru bicara Dephan AS (Departemen Pertahanan Amerika Serikat) John Kirby dalam pengarahan pers di Pentagon hari Kamis (05/05/2022) waktu setempat.

Menurut Kirby, keduanya membahas lingkungan keamanan di semenanjung Korea. Mereka berkomitmen untuk melanjutkan kerja sama erat guna meningkatkan pencegahan dan postur pertahanan Aliansi AS-ROK. Keduanya menyatakan kecaman atas peluncuran rudal balistik Korut sehari sebelumnya.

Menhan Austin dikatakan menegaskan kembali komitmen kuat AS untuk pertahanan ROK, dengan memanfaatkan berbagai kemampuan militer AS, untuk memasukkan kemampuan pencegahan.

Selama panggilan telepon itu, Menhan Austin tidak lupa mengucapkan selamat kepada Menhan Suh atas keberhasilan masa jabatannya sebagai Menteri Pertahanan Nasional, mencatat bahwa Aliansi telah diperkuat di bawah kepemimpinan Suh. (hiu)