AS-Korsel Bahas Denuklirisasi Semenanjung Korea

Wakil Menteri Luar Negeri AS Wendy R Sherman (kiri) bertemu dengan Menteri Luar Negeri Republik Korea (ROK) Chung Eui-yong di Seoul (kanan), Kamis 22 Juli 2021.

maiwanews – Menteri Luar Negeri Korea Selatan Chung Eui-yong menerima kunjungan Wakil Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Wendy R Sherman di Seoul Korsel, Kamis 22 Juli. Demikian disampaikan juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika Serikat Ned Price hari Kamis.

Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) Amerika Serikat (AS) Wendy Sherman menyatakan bahwa diplomasi dan dialog sangat penting untuk mencapai denuklirisasi lengkap Semenanjung Korea dan membangun perdamaian permanen di wilayah itu. Ia juga menekankan pentingnya Aliansi antara AS dengan Korea Selatan (Korsel) dalam mencapai visi bersama tentang Indo-Pasifik.

Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Korsel (Republic of Korea/ROK) hari Kamis mengatakan pada kesempatan itu Menteri Luar Negeri (Menlu) Chung dan Wamenlu Sherman juga bertukar pandangan tentang isu-isu regional dan global lainnya seperti situasi di Myanmar dan perubahan iklim, dan sepakat untuk memperdalam kerja sama dalam menangani isu-isu tersebut.

Menlu Chung meminta kerja sama erat Wamenlu Sherman dalam memastikan implementasi penuh dari langkah-langkah tindak lanjut atas hasil Konferensi tingkat Tinggi (KTT) kedua negara pada bulan Mei lalu. Pertemuan itu membahas berbagai bidang termasuk masalah Aliansi, masalah Semenanjung Korea, kerjasama ekonomi dan substantif, serta masalah global. (z/Deplu AS/Kemenlu Korsel)