AS-Korsel Bahas Hubungan Bilateral dan Semenanjung Korea

Konferensi pers bersama Wamenlu AS Wendy Sherman dengan Wamenlu Pertama Korsel Choi Jong Kun di Seoul. Kamis, 22 Juli 2021.

maiwanews – Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) Amerika Serikat (AS) Wendy R Sherman dan Wamenlu Pertama Korea Selatan (Korsel) Choi Jong Kun bertemu dalam dialog strategis Jumat 23 Juli di kantor Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Korsel di Seoul.

Kedua Wamenlu membahas berbagai isu termasuk hubungan bilateral dan situasi di Semenanjung Korea. Keduanya sepakat untuk mempererat aliansi sebagai penopang perdamaian, keamanan, dan kemakmuran regional.

Keduanya menegaskan kembali bahwa upaya dialog dan keterlibatan dengan Korea Utara (Korut) sangat penting untuk mencapai kemajuan substansial menuju denuklirisasi lengkap dan pembentukan perdamaian permanen di Semenanjung Korea.

Wamenlu Sherman dan Wamenlu Pertama Jong Kun berkomitmen melanjutkan upaya diplomatik terkoordinasi antara kedua negara untuk membawa Korut kembali ke perundingan. Secara khusus, kedua belah pihak mengakui perlunya mempromosikan dialog, keterlibatan, dan kerja sama antar Korea.

Mereka menyambut positif upaya AS dan Korsel (Republic of Korea/ROK) dalam memperluas parameter kerja sama ke berbagai kawasan. Kerja sama tersebut termasuk dengan kawasan ASEAN (Association of Southeast Asian Nations), Amerika Latin, Timur Tengah, dan Afrika.

Pada pertemuan itu para wamenlu juga berkomitmen menjalin kerja sama erat dalam menjawab tantangan global termasuk perubahan iklim dan kesehatan, termsuk percepatan penyebaran vaksin COVID-19 (Corona Virus Disease 2019). (z/Kemenlu Korsel)