AU Rusia Selesaikan Transfer Pasukan Penjaga Perdamaian ke Kazakhstan

20220108-pasukan-penjaga-perdamaian-csto-kontingen-armenia
Pasukan Penjaga Perdamaian CSTO Kontinge Armenia. Bandara Zvartnots Armenia. Sabtu 8 Januari 2022.

maiwanews – Angkatan Udara Rusia telah menyelesaikan pemindahan kontingen penjaga perdamaian Armenia ke Kazakhstan. Kontingen penjaga perdamaian Armenia itu merupakan bagian dari Organisasi Traktat Keamanan Kolektif (Collective Security Treaty Organization/CSTO).

Satu unit kontingen penjaga perdamaian Angkatan Bersenjata Armenia dari pasukan penjaga perdamaian CSTO dikirim dari lapangan terbang Zvartnots Republik Armenia ke lapangan terbang Alma-Ata Republik Kazakhstan. Demikan dijelaskan Kemenhan (Kementerian Pertahanan) Rusia Sabtu (08/01/2022).

Proses transfer pasukan dilakukan menggunakan pesawat angkut militer Il-76 dari Pasukan Dirgantara Rusia. Mereka akan berada di Republik Kazakhstan dalam jangka waktu terbatas. Mereka bertugas melindungi fasilitas penting Negara dan militer serta bekerja sama dengan penegak hukum untuk menstabilkan dan menormalkan situasi. Hal itu sesuai dengan keputusan Dewan Keamanan Kolektif CSTO, diadopsi pada 6 Januari 2022.

Pemindahan pasukan perdamaian CSTO juga telah dilakukan oleh awak transportasi militer Rusia terhadap kontingen Belarusia ke lapangan terbang Zhetigen, Republik Kazakhstan.

Pasukan penjaga perdamaian CSTO termasuk unit angkatan bersenjata Federasi Rusia, Republik Belarus, Republik Armenia, Republik Tajikistan, dan Republik Kirgistan.

Rusia Evakuasi Warga dari Kazakhstan ke Moskow

Akibat situasi tidak kondusif, pemerintah Federasi Rusia mengirimkan sebuah pesawat angkut militer Angkatan Udara Rusia untuk mengantarkan 25 warga Rusia dari Almaty melalui lapangan terbang Zhetigen Republik Kazakhstan ke Moskow.

25 warga Rusia itu tadinya bermaksud mengunjungi salah satu resor ski. Namun, akibat situasi dan penutupan operasional bandara internasional Almaty, para turis tinggaldi salah satu hotel perkotaan.

Di hotel, mereka dibantu komando kontingen penjaga perdamaian Rusia untuk mereka kembali ke Federasi Rusia. Sampai saat ini seluruh rombongan wisatawan telah diantar dari Almaty ke Moskow dengan pesawat angkut militer, demikian keterangan Kemenhan Rusia.

Kenaikan Harga BBM Picu Demonstrasi

Situasi tidak kondusif di Kazakhstan berawal dari kenaikan harga BBM (bahan Bakar Minyak), hal ini memicu demonstrasi berujung aksi kerusuhan. VOA dalam laporannya hari Sabtu (08/01/2022) mengatakan Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri) Kazakhstan Jumat (07/01/2022) melaporkan sedikitnya 26 orang demonstran dan 18 aparat tewas dalam kerusuhan dan 3800 lebih orang ditahan pihak berwenang. (hiu)