Aung San Suu Kyi Batal Hadiri Persidangan

20171114-aung-san-suu-kyi
Aung San Suu Kyi di Manila Filipina. 14 November 2017.

maiwanews – Mantan pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi batal menghadiri persidangan karena alasan kelelahan. Ia dijadwalkan menjalani sidang pada Senin 13 September, namun menurut anggota tim kuasa hukumnya, Min Min Soe, kondisi fisik Suu Kyi tidak memungkinkan untuk mengikuti persidangan. Wannita berusia 76 tahun itu dikatakan sakit karena kelelahan dalam perjalanan.

Min Min Soe menampik jika dikatakan kliennya terjangkit COVID-19 (Corona Virus Disease 2019), ia menjelaskan bahwa Suu Kyi sudah lama tidak melakukan perjalanan jarak jauh, sakitnya tidak serius, hanya mabuk darat.

Suu Kyi digulingkan oleh militer Myanmar pimpinan Jenderal Senior Min Aung Hlaing 1 Februari lalu. Ia dituding melakukan kecurangan pada pemilihan umum (pemilu) tahun lalu. Komisi pemilihan umum negara itu Jumat 13 September 2020 mengumumkan partai Suu Kyi, Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD), memenangkan 346 kursi.

Sejak ditahan pada bulan Februari, Suu Kyi hanya dibolehkan berkomunikasi dengan dunia luar melalui kuasa hukum. Suu Kyi ditahan atas beberapa tuduhan, termasuk kasus impor alat komunikasi walkie talkie secara ilegal. Ia juga dituding melanggar aturan terkait COVID-19 saat melakukan kampanye pada pemilu tahun lalu. (z/VOA/maiwanews)