Awak Pesawat Tempur Su-35S Rusia Bergeser ke Belarus

20220122-su-35s-rusia
Pesawat tempur Su-35S Rusia. Jumat, 22 Januari 2022.

maiwanews – Awak pesawat tempur Su-35S Distrik Militer Timur (Eastern Military District/EMD) Rusia bergeser ke negara tetangga Belarus. Pergeseran pasukan sebagai bagian dari persiapan latihan bersama kedua negara anggota organisasi Union State itu.

Saat ini sedang pasukan sedang dalam tahap pertama dari dua tahap, dijadwalkan berlangsung hingga tanggal 9 Februari. Pada tahap ini dilakukan transfer dan pembentukan pengelompokan pasukan di wilayah Republik Belarus sesegera mungkin.

Kemenhan (Kementerian Pertahanan) Rusia hari Jumat (22/01/2022) menjelaskan, pada tahap pertama dilakukan pembagian pasukan ke dalam kelompok organisasi perlindungan dan pertahanan fasilitas penting negara dan militer, dan kelompok perlindungan perbatasan negara di wilayah udara.

Tahap pertama mencakup pula pemeriksaan kesiapan dan kemampuan pasukan pertahanan udara dan sarana untuk memenuhi tugas meliputi benda-benda penting di wilayah Republik Belarus.

Untuk tahap kedua, dijadwalkan berlangsung dari 10 Februari hingga 20 Februari. Pad tahap ini latihan bersama Union Courage 2022 akan diadakan. Latihan dilakukan dengan tujuan untuk melatih tugas-tugas menekan dan memukul mundur agresi eksternal selama operasi pertahanan, serta melawan terorisme dan melindungi kepentingan Union State.

Selama latihan, berbagai langkah akan diambil untuk memperkuat perlindungan perbatasan negara untuk mencegah penetrasi kelompok bersenjata militan, memblokir saluran pengiriman senjata dan amunisi. Latihan juga mencakup upaya mencari, memblokir, dan menghancurkan formasi bersenjata ilegal, upaya sabotase, dan kelompok pengintaian musuh.

Tindakan praktis pasukan akan berlangsung di tempat pelatihan Domanovsky, Gozhsky, Obuz-Lesnovsky, Brestsky, dan Osipovichsky, serta area-area tertentu di wilayah Republik Belarus. Direncanakan untuk melibatkan lapangan terbang Baranovichi, Luninets, Lida, dan Machulishchi. (hiu)