BAE Systems Tandatangan Kontrak Kendaraan Tempur CV90 dengan Estonia

CV90 dalam sebuah parade di Tallinn, Estonia, 24 Februari 2017 (Foto: Estonian Defence Forces)

maiwanews – Produsen alat perang BAE Systems menandatangani kontrak dukungan kendaraan tempur Infantry Fighting Vehicles (IFVs) Combat Vehicle 90 (CV90) dengan pemerintah Estonia. Perjanjian jangka panjang kedua belah pihak mecakup manajemen konfigurasi kemampuan IFV yang baru.

Keluarga kendaraan CV90 diklaim BAE produsennya mampu memberikan performa tak tertandingi di kelas 20-35 ton dan telah digunakan oleh pasukan PBB dan NATO dalam misi di seluruh dunia termasuk di Afghanistan. Dengan pengalaman lebih dari 25 tahun dalam meningkatkan dan mengembangkan keluarga CV90, BAE Systems telah memaksimalkan ketersediaan dan efisiensi biaya dari kendaraan tersebut.

Kontrak antara Pusat Investasi Pertahanan Estonia (Estonian Centre for Defence Investment / ECDI) dan BAE Systems juga mencakup pemeliharaan, perbaikan, dan suku cadang. Kontrak tersebut juga termasuk 44 kendaraan CV9035 diperoleh dari Belanda pada tahun 2014.

Proyek peningkatan kemampuan manuver kendaraan lapis baja merupakan salah satu program penting dalam dekade terakhir di Estonia. Hal ini akan meningkatkan kemampuan tempur angkatan bersenjata Estonia. Demikian disampaikan Margus Padjus, manajer proyek Departemen Pengadaan ECDI.

Kendaraan tempur infanteri CV9035 Departemen Pertahanan Estonia yang dibeli dari Belanda merupakan langkah pertama dari proyek tersebut. Margus yakin kendaaraan tempur model CV90 milik Estonia akan semakin handal dengan dukungan BAE Systems Hagglunds.

Estonia merupakan satu dari tujuh negara, termasuk empat sekutu NATO, yang mengoperasikan lebih dari 1.200 CV90. Tommy Gustafsson-RASK, general manager BAE Systems Hagglunds mengatakan pihaknya menyambut Estonia sebagai salah satu dari negara-negara pengguna CV90. (BAE Systems)