Bahas Cawapres Anies Baswedan, Nasdem-PKS-Demokrat Bentuk Tim Kecil

maiwanews – Tiga partai politik masing-masing Partai Nasdem, Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) membentuk tim kecil untuk membahas bakal calon wakil presiden yang akan mendampingi Anies Baswedan.

Dari Partai Nasdem, tim kecil tersebut diwakili oleh Willy Aditya dan Sugeng Suparwoto, dari Demokrat diwakili Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya, dan dari PKS diwakili oleh Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Mohamad Sohibul Iman dan Ketua DPP PKS Almuzammil Yusuf.

“Beberapa hal penting yang dibahas dalam pertemuan tersebut seperti kriteria pasangan bakal calon wakil presiden (cawapres) yang cocok mendampingin Anies Rasyid Baswedan,” kata Willy dalam keterangannya, Sabtu (22/10).

Willy menjelaskan, tim kecil tersebut juga membuat kriteria dan mekanisme penentuan pasangan capres dan cawapres. Sehingga kata dia, dalam proses pengambilan keputusan nanti, ketiga pihak harus memiliki satu tujuan dan langkah.

Dalam penentuan bakal cawapres sambung dia, setiap partai berhak mengajukan nama-nama baik nama dari internal partai maupun eksternal yang bukan anggota partai.

Selain itu, pertemuan tersebut juga akan membahas terkait platform dan desain pemerintahan yang ideal di periode mendatang, termasuk juga akan menggodok strategi pemenangan yang efektif dalam rangka meraih dukungan publik di pemilihan umum (Pemilu) 2024.

Seperti diketahui, ketiga partai diyakini akan membentuk satu koalisi di Pilpres 2024 mendatang. Namun hingga kini, baru partai Nasdem yang secara terbuka mendeklarasikan dukungan untuk pencalonan Anies Baswedan.

Diduga ketiga partai masih terkendala pada penyatuan visi soal siapa yang akan mendampingi Anies sebagai bakal calon wakil presiden. Demokrat sendiri mengajukan ketua Umumnya yakni Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai cawapres.