Bahas Kudeta Militer, Retno Marsudi Bertemu Menlu Myanmar

maiwanews – Menteri Luar Negeri Republik Indonesia (Menlu RI) Rabu 24 Februari bertemu dengan Menlu Myanmar U Wunna Maung Lwin di bandara Don Muang, Bangkok, disaksikan oleh Menlu Thailand Don Pramudwinai. Pertemuan dilakukan setelah sebelumnya direncanakan berlangsung hari Kamis 25 Februari di Naypitaw.

Dama pertemuan itu Menlu Retno menegaskan sikap Indonesia terkait kudeta militer di Myanmar, yaitu meminta semua pihak menahan diri, tidak menggunakan kekerasan, dan menekankan proses transisi demokrasi.

Menlu Maung Lwin ditunjuk menduduki jabatannya saat ini oleh junta militer Myanmar. Ia merupakan purnawirawan tentara berpangkat kolonel dan pernah menjabat sebagai menlu pada periode 2011-2016.

Menlu Retno dalam konferensi pers virtual menjelaskan bahwa pada pertemuan itu ia menyampaikan keprihatinan Indonesia atas kondisi terkini di Myanmar. Disampaikan juga agar semua pihak menahan diri dan tidak menggunakan kekerasan untuk menghindari pertumpahan darah dan jatuhnya korban, karena keselamatan dan kesejahteraan rakyat Myanmar menjadi prioritas utama.

Kepada semua negara anggota ASEAN disampaikan pentingnya menghormati prinsip-prinsip sebagaimana tercantum dalam Piagam ASEAN. (VOA)