‘BALTOPS 22’, Latihan Militer Bersama 16 Negara di Swedia

20220613-sejumlah-tank-swedia-pada-latihan-baltops-22-pub12jun2022-rec7jun2022
Sejumlah tank Swedia melintas di sebuah lapangan dalam latihan perang BALTOPS 22. Dipublikasikan Senin, 13 Juni 2022.

maiwanews – Militer Amerika Serikat dan Swedia beserta sejumlah pasukan negara lainnya berupaya mempertahankan Pulau Gotland sebagai wilayah penting untuk mengamankan Laut Baltik dalam sebuah latihan bersama. Pulau ini merupakan medan vital dan strategis bagi Angkatan Bersenjata Swedia.

Pulau Gotland menjadi tuan rumah dalam latihan Operasi Baltik (Baltic Operations/BALTOPS) 22. NATO (North Atlantic Treaty Organization/Pakta Pertahanan Atlantik Utara) dalam keterangannya hari Senin (13/06/2022) menyebutkan, latihan maritim tahunan ini dipimpin AS (Amerika Serikat).

Pulau Gotland terletak kira-kira 100 kilometer di lepas pantai Swedia. Dalam latihan, tentara Swedia berlatih mengirim bala bantuan dengan cepat dan melakukan pertahanan pulau melawan musuh simulasi.

Latihan tahun ini bertepatan dengan peringatan 500 tahun Angkatan Laut Swedia. Melibatkan Unit Ekspedisi Marinir ke-22 Korps Marinir Amerika Serikat (United States Marine Corps’ 22nd Marine Expeditionary Unit/22nd MEU).

Selain Amerika dan Swedia, BALTOPS 22 juga diikuti oleh beberapa negara lain. Secara keseluruhan, ada 16 negara ikut berpartisipasi melibatkan lebih dari 45 kapal, lebih dari 75 pesawat, dan 7.500 personel militer. Latihan akan berakhir pada 17 Juni 2022.

Komandan Resimen Gotland Swedia, Kolonel Magnus Frykvall, menyebut latihan ini telah direncanakan selama lebih dari setahun. “Jadi ini adalah cara bagi angkatan bersenjata di Gotland, dan dalam hal ini Korps Marinir AS, untuk berlatih bersama agar dapat, jika perlu, melakukan operasi bersama”, ungkap Kolonel Magnus Frykvall. (z)

BERITA LAINNYA

.