Banjir di Ranca Ekek, Jawa Barat, 600 Warga Mengungsi

20220408-tim-bpbd-kab-bandung-monitoring-banjir-desa-ranca-ekek-7apr2022
Tim BPBD Kabupaten bandung melakukan kaji cepat dan pemantauan kondisi banjir di Desa Ranca Ekek Kecamatan Ranca Ekek Kabupaten Bandung Provinsi Jawa Barat. Kamis, 7 April 2022.

maiwanews – Sekitar 600 warga Desa Ranca Ekek Kecamatan Ranca Ekek mengungsi setelah wilayahnya dilanda banjir. Tidak ada korban jiwa, namun bencana alam itu menghambat aktivitas warga.

Hujan deras mengguyur desa di Kabupaten Bandung Provinsi Jawa Barat itu pada hari Kamis (07/04/2022) sekitar pukul 18:00 WIB. Demikian disampaikan Plt (Pelaksana Tugas) Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana), Abdul Muhari, Jumat (08/04/2022).

Dikatakan bahwa hujan deras menyebabkan debit air Sungai Cikeruh meningkat, bahkan sampai meluap dan menjebol tanggul sungai. Lebih dari 200 unit rumah terdampak oleh banjir, selain 1 mushallah, dan 3 sekolah. TMA (Tinggi Muka Air) dilaporkan pada kisaran 145-276 cm (centi meter).

BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Bandung melaporkan, banjir membawa lumpur dan material lainnya ke wilayah permukiman warga. 600 jiwa dari 200 KK (Kepala Keluarga) terdampak oleh peristiwa itu.

Tim BPBD Kabupaten Bandung telah melakukan kaji cepat situasi, pemantauan (monitoring) berkala kondisi banjir, dan membantu proses pembersihan material lumpur, serta berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk penanggulangan tanggul jebol. Kepada masyarakat diimbau untuk waspada potensi banjir susulan. (z)