Beberapa Pertemuan Bilateral Menlu RI akan Bahas Soal Afganistan

20210922-retno-marsudi-elizabeth-truss
Menlu RI Retno Marsudi (kanan) dalam pertemuan dengan Menlu Inggris Elizabeth Truss (kiri). Senin 20 September 2021.

maiwanews – Menteri Luar Negeri Republik Indonesia (Menlu RI) Retno Marsudi Rabu 22 September dalam jumpa pers mengatakan akan menbahas soal Afganistan dan upaya mengurangi kesenjangan akses terhadap vaksin COVID-19 (Corona Virus Disease 2019). Pada jumpa pers secara virtual dari News York Amerika Serikat (AS) itu ia mengatakan kedua isu itu akan dibahas dalam beberapa pertemuan bilateral dengan menlu negara lain.

Rencana pertemuan dengan menlu negara-negara dilakukan di sela Sidang Majelis Umum PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa). Kegiatan itu dijadikan kesempatan bagi para pejabat negara-negara untuk membahas berbagai isu. Menlu Retno dijadwalkan melakukan 28 pertemuan, belum termasuk permintaan dari sejawat untuk melangsungkan pertemuan bilateral.

Salah satu pertemuan telah dilakukan adalah dengan Menlu Turki Mevlut Cavusoglu pada hari Minggu 19 September. Dalam pertemuan itu Menlu Retno menyampaikan apresiasi atas nama pemerintah Indonesia atas bantuan evakuasi Turki terhadap warga Indonesia dari Kabul Afganistan. Pada proses evakuasi itu Turki terlibat mulai dari pengamanan akses masuk ke Bandara (Bandar Udara) Internasional Hamid Karzai serta berbagai persoalan teknis lainnya.

Kedua menlu itu juga membahas mengenai perkembangan situasi di Afganistan. Menurut Menlu Retno, mereka memiliki kesamaan pandangan dalam isu hak perempuan di Afganistan. Keduanya juga menilai penting bagi OKI (Organisasi Konferensi Islam) untuk melakukan komunikasi dengan pemerintahan Afganistan.

Pada pertemuan lainnya, Senin 20 September Menlu Retno mebahas perkembangan di Afganistan dan COVID-19 dengan Menlu Inggris Elizabeth Truss. Pada hari itu Menlu Retno juga bertemu Menlu Maladewa Abdullah Syahid, Menlu Abdullah juga merupakan Presiden Sidang Majelis Umum PBB.

Selain itu Menlu Retno hari Selasa 21 September juga bertemu dengan Menlu Yordania Aiman Safadi, Menlu India Subrahmanyam Jaishankar, dan Menlu Arab Saudi Pangeran Faisal bin Farhan. (z/VOA)