Belum ada Keputusan Terkait Peran Turki atas Bandara Kabul

Suasana Bandara Internasional Hamid Karzai Kabul Afghanistan. Minggu, 15 Januari 2012.

maiwanews – Turki belum mengambil keputusan terkait rencana mengamankan Bandara Internasional Hamid Karzai Kabul Afghanistan. Menteri Pertahanan Hulusi Akar Jumat 2 Juli mengatakan negosiasi mengenai pengoperasian dan pengamanan oleh negaranya masih berlangsung.

Menteri Pertahanan (Menhan) Akar menegaskan pentingkan bandara itu agar tetap beroperasi. Jika tidak, negeri itu akan terisolasi dari dunia luar.

Turki saat ini masih mencari dukungan politik dan pendanaan serta logistik dari negara-negara lain. Turki masih membicarakan rencana itu dengan negara sahabatnya serta menunggu keputusan politik dari PBB dan NATO. Selain itu juga harus ada persetujuan pemerintah Afghanistan.

Beberapa waktu lalu Turki mengajukan diri untuk mengambil peran lebih besar atas Bandara Internasional Hamid Karzai Kabul. Proposal Turki menyusul penarikan pasukan Amerika Serikat (AS) dari Afghanistan.

Pertengahan Juni lalu Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden AS Joe Biden membicarakan hal itu pada KTT NATO. (z/VOA)