Belum Ada Putusan Capres KIB, Zulhas: Bisa Ganjar, Ridwan Kamil atau Anies

maiwanews – Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Zulifli Hasan atau Zulhas mengatakan, sampai saat ini belum ada keputusan siapa calon presiden (capres) yang akan diusung Kolisi Indonesia Bersatu (KIB).

Untuk itu kata Zulhas, sepanjang belum ada keputusan, partainya tidak melarang kader mengeluarkan pernyataan terkait capres termasuk wacana yang dilontarkan Ketua DPP PAN Bima Arya soal kemungkinan KIB mengusung Ridwan Kamil.

Zulhas mengatakan, bahkan selain Ganjar dan Ridwan, pihaknya juga melihat dua sosok lain yang dianggap layak maju dan punya modal besar untuk menjadi calon presiden yakni Anies Baswedan dan Erick Thohir.

“Gini, Ganjar, Ridwan Kamil, Anies Rasyid Baswedan, Erick Thohir layak pantes, dan saya kenal itu orang-orang memang orang hebat, pintar, punya modal besar lah untuk membawa kita maju itu punya,” kata Zulhas, Minggu (13/11).

Zulhas menyebut, partainya terbuka untuk siapa pun jadi capres. Karena itu, dirinya tidak melarang kadernya berbicara terkait sosok calon presiden sebelum ada deklarasi resmi.

“Karena kalau PAN ini kan partai memang terbuka, egaliter, orang semua punya hak yang sama, bebas aja, orang punya hak yang sama, bebas aja bicara bebas anu juga,” ujar Zulhas.

Seperti diketahui PAN adalah salah satu partai yang tergabung dalam KIB bersama dua partai lainnya yakni Golkar dan Pertai Persatuan Pembangunan (PPP).

KIB jauh hari sudah dideklarasikan, namun mereka sepakat belum menyebut nama yang akan diusung sebagai capres maupun cawapres. Tapi publik meyakini, atas dukungan Jokowi, KIB sengaja disiapkan untuk Ganjar Pranowo.

Sayangnya, Ganjar Pranowo hingga saat ini masih terganjal restu ketua umum PDIP Megawati Soekarnoputri. PDIP sendiri masih kukuh mencalonkan Puar Maharani.