Bertemu di Moskow, Putin dan Assad Bahas Perkembangan Suriah

20210913-vladimir-putin-bashar-al-assad
Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Suriah Bashar al-Assad di Moskow Rusia. Senin 13 September 2021.

maiwanews – Presiden Rusia Vladimir Putin menyampaikan selamat atas keberhasilan Presiden Suriah Bashar al-Assad dalam pemilihan presiden. Kremlin Selasa 14 September dalam keterangannya menyebutkan pernyataan Presiden Putin disampaikan saat menerima kunjungan Presiden Assad Senin 13 September di Moskow.

Pada pertemuan itu Presiden Putin mengatakan ia memahami bahwa Assad telah melakukan banyak hal di Suriah, salah satunya membangun dialog dengan lwan politik. Ia berharap proses dialog terus berlanjut karena Suriah hanya dapat bangkit dan menghasilkan momentum positif jika semua kekuatan dikonsolidasikan.

Dengan kerja sama militer kedua negara, pemerintah Suriah berhasil menguasai kurang lebih 90 persen wilayah, sayangnya masih ada kantong-kantong perlawanan. Persoalan lainnya adalah kehadiran militer asing di Suriah tanpa mandat PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) atau izin pemerintah Suriah. Kehadiran militer asing tanpa izin disebut bertentangan dengan hukum internasional.

Terkait hubungan perdagangan dan ekonomi Rusia-Suriah, Presiden Putin mengungkapkan telah mengalami peningkatan 250 persen dalam enam bulan pertama tahun ini. Rusia juga terlibat dalam urusan bantuan kemanusiaan dan upaya menghadapi COVID-19 (Corona Virus Disease 2019), termasuk pengiriman tahap pertama vaksin Sputnik V dan Sputnik Light ke Suriah.

Presiden Assad pada kesempatan itu mengatakan ingin membahas berbagai isu dan aspek-aspek kerja sama bilateral. Ia mengklaim tentara kedua negara telah mencapai hasil cukup besar dalam pembebasan wilayah dari para militan dan memfasilitasi kembalinya pengungsi ke tempat asal.

Meski telah mencapai beberapa keberhasilan, namun pemerintah Suriah mengalami kendala terjadinya stagnasi dalam proses politik. Beberapa negara dikatakan memberlakukan sanksi terhadap Suriah, hal ini disebut sebagai tindakan tidak sah dan tidak manusiawi. (z/Kremlin)