Biden Sampaikan Penghormatan pada Nelson Mandela

Joe Biden (duduk), Kamala Harris (keempat dari kiri) bersama anggota parlemen dan tamu pada penandatanganan RUU Hari Kemerdekaan Nasional Juneteenth. Ruang Timur Gedung Putih, Kamis 17 Juni 2021.

maiwanews – “Atas nama rakyat Amerika Serikat, kami menghormati Nelson Mandela, dan visinya untuk Afrika dan dunia lebih cerah”, hal itu disampaikan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden pada peringatan Hari Internasional Nelson Mandela, Minggu 18 Juli 2021.

Gedung Putih dalam keterangannya mengatakan Presiden Biden pada peringatan tersebut menyampaikan bahwa selama 12 tahun terakhir, dunia telah merayakan 18 Juli sebagai Hari Internasional Nelson Mandela. Peringatan itu untuk menghormati kenangan akan seorang pemimpin transformatif.

Hari Internasional Nelson Mandela diperingati untuk menyoroti warisan pertama Presiden pertama Afrika Selatan yang dipilih oleh warganya dari semua ras.

Nelson Mandela melawan apartheid, memimpin konstitusi baru dan demokratis untuk semua orang di Afrika Selatan, dan menunjukkan kepada dunia kekuatan kepemimpinan dimana martabat manusia jadi prioritas di atas segalanya.

Komitmen Mandela terhadap keadilan, perdamaian, dan demokrasi memungkinkan dia untuk membangun jembatan di atas perpecahan. Melalui dialog, kemitraan, dan rasa hormat terhadap kapasitas setiap individu, dia membantu mewujudkan negara pelangi dari semua orang Afrika Selatan.

Upaya Afrika Selatan untuk menyembuhkan perpecahan adalah warisan Nelson Mandela. “Dalam semangat inilah kami menegaskan kembali dukungan teguh kami terhadap kesetaraan, dialog damai, dan penghormatan terhadap supremasi hukum”, ungkap Presiden Biden. (z/Gedung Putih)