Biden Umumkan Tambahan Bantuan Militer ke Ukraina

20220422-sebuah-howitzer-siap-ditembakkan-11okt2014
Sebuah howitzer menunggu perintah untuk ditembakkan, Alaska, 11 Oktober 2014.

maiwanews – Amerika Serikat menambah bantuan militer bagi Ukraina senilai 800 juta dolar untuk menghadapi tentara Rusia. Paket tambahan bantuan ini termasuk senjata artileri berat dan howitzer beserta amunisinya.

Dephan AS (Departemen Pertahanan Amerika Serikat) di Pentagon hari Kamis siang (21/04/2022) waktu setempat mengumumkan otorisasi Penarikan Presiden Amerika Serikat Joe Biden atas bantuan keamanan. bantuan itu disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan kritis Ukraina dalam pertempuran menghadapi serangan baru pasukan Rusia di Ukraina timur.

Otorisasi ini merupakan penarikan kedelapan peralatan dari inventaris Dephan AS untuk Ukraina sejak Agustus 2021. Paket bantuan meliputi: 72 Howitzer 155mm dan 144.000 peluru artileri; 72 Kendaraan Taktis untuk menderek Howitzer 155mm; Lebih dari 121 Sistem Udara Tak Berawak Taktis Phoenix Ghost; dan Peralatan lapangan serta suku cadang.

Dengan bantuan ini, ditambah 18 howitzer 155mm (diumumkan pada 13 April lalu), pasukan Ukraina memiliki cukup sistem artileri untuk melengkapi lima batalyon.

Amerika Serikat kini telah memberikan lebih dari $4 miliar bantuan keamanan ke Ukraina sejak awal pemerintahan Presiden Biden, termasuk sekitar $3,4 miliar sejak awal invasi Rusia pada 24 Februari.

Amerika Serikat juga terus bekerja dengan Sekutu dan mitranya untuk mengidentifikasi dan memberi Ukraina kemampuan tambahan. Pihak Dephan AS juga mengklaim negaranya akan terus menggunakan semua alat untuk mendukung Angkatan Bersenjata Ukraina dalam menghadapi agresi Rusia. (hiu)