Boy Rafli Amar Gantikan Suhardi Alius Sebagai Kepala BNPT

maiwanews – Inspektur Jenderal Boy Rafli Amar resmi menggantikan Suhardi Alius sebagai Kepala BNPT. Presiden Joko Widodo melantik Boy di Istana Negara Jakarta Rabu 6 Mei.

Prosesi pelantikan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) diawali dengan mengumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Usai kumandang lagu kebangsaan, Deputi Sekretaris Kabinet Bidang Administrasi, Farid Utomo, membacakan Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia.

Pelantikan Inspektur Jenderal (Irjen) Boy Rafli Amar sebagai Kepala BNPT didasarkan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 86/TPA Tahun 2020.

Keputusan Presiden (Keppres) tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dari dan Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Utama di Lingkungan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme ditetapkan di Jakarta 5 Mei 2020 oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Usai pembacaan Keppres, Irjen Boy mengucapkan sumpah/janji. Dalam sumpahnya Irjen Boy mengatakan akan taat pada Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 dan menjalankan peraturan selurusnya demi bakti kepada masyarakat. Irjen Boy juga bersumpah untuk menjaga integritas, tidak menyalahgunakan kewenangan, serta menghindarkan diri dari perbuatan tercela.

Usai pengucapan sumpah/janji, dilakukan dengan penandatanganan berita acara oleh Boy, kemudian disahkan oleh Presiden Jokowi. Dilanjutkan dengan ucapan selamat dari Presiden Jokowi diikuti hadirin lainnya, diantaranya: Menko Polhukam Mahfud MD, Mensesneg Pratikno, dan Kapolri Jenderal Idham Aziz.

Boy Rafli Amar menggantikan Suhardi Alius. Suhardi dimutasi menjadi Anjak Utama Bareskrim Polri. Sebelumnya Boy menjabat sebagai Wakil Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Lemdiklat) Kepolisian Republik Indonesia (Polri), dia juga pernah menjabat sebagai Kapolda Papua. (Setkab/TGH/EN)